Senin, 14 November 2011

*    5 Generasi Dalam Sejarah Komputer

            Komputeradalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).
Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti “komputer” adalah “yang memproses informasi” atau “sistem pengolah informasi.”
Saat ini, komputer sudah semakin canggih.Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang.Dalam sejarah komputer, ada 5 generasi dalam sejarah komputer.




1. Generasi Pertama (1944-1959)
Generasi Pertamax:



Tabung hampa udara sebagai penguat sinyal, merupakan ciri khas komputer generasi pertama.Pada awalnya, tabung hampa udara (vacum-tube) digunakan sebagai komponen penguat sinyal. Bahan bakunya terdiri dari kaca, sehingga banyak memiliki kelemahan, seperti: mudah pecah, dan mudah menyalurkan panas. Panas ini perlu dinetralisir oleh komponen lain yang berfungsi sebagai pendingin
Dan dengan adanya komponen tambahan, akhirnya komputer yang ada menjadi besar, berat dan mahal. Pada tahun 1946, komputer elektronik didunia yang pertama yakni ENIAC sesai dibuat.Pada komputer tersebut terdapat 18.800 tabung hampa udara dan berbobot 30 ton.begitu besar ukurannya, sampai-sampai memerlukan suatu ruangan kelas tersendiri.
Pada gambar nampak komputer ENIAC, yang merupakan komputer elektronik pertama didunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts.


.
2. Generasi Kedua (1960-1964)
Generasi Keduax:
Transistor merupakan ciri khas komputer generasi kedua. Bahan bakunya terdiri atas tiga lapis, yaitu: “basic”, “collector” dan “emmiter”. Transistor merupakan singkatan dari Transfer Resistor, yang berarti dengan mempengaruhi daya tahan antara dua dari tiga lapisan, maka daya (resistor) yang ada pada lapisan berikutnya dapat pula dipengaruhi.
Dengan demikian, fungsi transistor adalah sebagai penguat sinyal. Sebagai komponen padat, tansistor mempunyai banyak keunggulan seperti misalnya: tidak mudah pecah, tidak menyalurkan panas. dan dengan demikian, komputer yang ada menjadi lebih kecil dan lebih murah
Pada tahun 1960-an, IBM memperkenalkan komputer komersial yang memanfaatkan transistor dan digunakan secara luas mulai beredar dipasaran. Komputer IBM- 7090 buatan Amerika Serikat merupakan salah satu komputer komersial yang memanfaatkan transistor.
Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan segala macam pekerjaan baik yang bersifat ilmiah ataupun komersial.Karena kecepatan dan kemampuan yang dimilikinya, menyebabkan IBM 7090 menjadi sangat popular. Komputer generasi kedua lainnya adalah: IBM Serie 1400, NCR Serie 304, MARK IV dan Honeywell Model 800.
3. Generasi Ketiga (1964-1975)
Generasi Ketigax:
Konsep semakin kecil dan semakin murah dari transistor, akhirnya memacu orang untuk terus melakukan berbagai penelitian.Ribuan transistor akhirnya berhasil digabung dalam satu bentuk yang sangat kecil. Secuil silicium yag mempunyai ukuran beberapa milimeter berhasil diciptakan, dan inilah yang disebut sebagai Integrated Circuit atau IC-Chip yang merupakan ciri khas komputer generasi ketiga.
Cincin magnetic tersebut dapat di-magnetisasi secara satu arah ataupun berlawanan, dan akhirnya men-sinyalkan kondisi “ON” ataupun “OFF” yang kemudian diterjemahkan menjadi konsep 0 dan 1 dalam system bilangan biner yang sangat dibutuhkan oleh komputer.
Pada setiap bidang memory terdapat 924 cincin magnetic yang masing-masing mewakili satu bit informasi. Jutaan bit informasi saat ini berada didalam satu chip tunggal dengan bentuk yang sangat kecil.
Komputer yang digunakan untuk otomatisasi pertama dikenalkan pada tahun 1968 oleh PDC 808, yang memiliki 4 KB (kilo-Byte) memory dan 8 bit untuk core memory.



4. Generasi Keempat (1975-Sekarang)
Generasi Keempax:

Microprocessor merupakan chiri khas komputer generasi ke-empat yang merupakan pemadatan ribuan IC kedalam sebuah Chip.Karena bentuk yang semakin kecil dan kemampuan yang semakin meningkat dan harga yang ditawarkan juga semakin murah.Microprocessor merupakan awal kelahiran komputer personal.Pada tahun 1971, Intel Corp kemudian mengembangkan microprocessor pertama serie 4004.
Contoh generasi ini adalah Apple I Computer yang dikembangkan oleh Steve Wozniak dan Steve Jobs dengan cara memasukkan microprocessor pada circuit board komputer.
Disamping itu, kemudian muncul TRS Model 80 dengan processor jenis Motorola 68000 dan Zilog Z-80 menggunakan 64Kb RAM standard.
Komputer Apple II-e yang menggunakan processor jenis 6502R serta Ram sebesar 64 Kb, juga merupakan salah satu komputer PC sangat popular pada masa itu. Operating Sistem yang digunakan adalah: CP/M 8 Bit. Komputer ini sangat populer pada awal tahun 80-an.
IBM mulai mengeluarkan Personal Computer pada sekitar tahun 1981, dengan menggunakan Operating System MS-DOS 16 Bit. Dikarenakan harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan komputer lainnya, disamping teknologinya jauh lebih baik serta nama besar dari IBM sendiri, maka dalam waktu yang sangat singkat komputer ini menjadi sangat popular.





5. Generasi Kelima (Sekarang – Masa depan)
Generasi Kelimanya:


Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor kedalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor diantaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Dipasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium.
Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, disamping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam, disamping itu kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat.
Pentium-4 diproduksi dengan menggunakan teknologi 0.18 mikron.Dengan bentuk yang semakin kecil mengakibatkan daya, arus dan tegangan panas yang dikeluarkan juga semakin kecil.Dengan processor yang lebih cepat dingin, dapat dihasilkan kecepatan MHz yang lebih tinggi.Kecepatan yang dimiliki adalah 20 kali lebih cepat dari generasi Pentium – 3.
Packard Bell iXtreme 4140i merupakan salah satu PC komputer yang telah menggunakan Pentium-4 sebagai processor dengan kecepatan 1.4 GHz, memory RDRAM 128 MB, Harddisk sebesar 40 GB (1.5 GB digunakan untuk recovery), serta video card GeForce2 MX dengan memory 32 MB.
HP Pavilion 9850 juga merupakan PC yang menggunakan Pentium-4 untuk processor nya dengan kecepatan 1.4 GHz. PC Pentium-4 Hewllett-Packard ini dating dengan dominan warna hitam dan abu-abu. Dibanding dengan PC lainnya, Pavilion merupakan PC Pentium-4 dengan fasilitas terlengkap.Memory yang dimiliki sebesar RDRAM 128 MB, Harddisk 30 GB dengan monitor sebesar 17 inchi.
*PENTIUM
Pentium Pro ATAU PENTIUM 1

Pentium Pro
Pentiumprologo.gif
Masa produksi
Produsen
·         Intel
Kecepatan prosesor
150 MHz -200 MHz
Kecepatan FSB
60 MHz -66 MHz
Proses produksi
0,35 µm -0,50 µm
x86 (P6)
1
Jenis soket
·         Soket 8
Pentium Pro adalah mikroprosesor berarsitektur x86 buatan Intel. Prosesor ini merupakan jajaran teratas dari prosesorPentium pada tahun 1995. Kinerja untuk aplikasi 32-bit yang tinggi, cache L2 dalam tubuh yang berjalan setara dengan kecepatan prosesor hingga 1.024 KB (1 MB) adalah keunggulannya. Kata Pro dalam Intel Pentium Pro merupakan singkatan dari Precision RISC Organization, bukannya Professional seperti dugaan banyak orang.
Chip Pentium Pro sangat unik jika dibandingkan dengan prosesor lain karena konstruksinya yang sama sekali berbeda. Intel Pentium Pro menggunakan konstruksi Multi-Chip Module (MCM), berbeda dengan Pentium MMX yang hanya menggunakan konstruksi Single-Chip Module. Konstruksi MCM ini disebut oleh Intel sebagai PGA Dual-Cavity.
Intel Pentium Pro
5.500.000 (prosesor)
15.500.000 (tiap 256 KB
cache L2)
Peluncuran
Jangkauan
kecepatan
150 MHz hingga 200 MHz.
Bus sisi
depan (FSB)
60 dan 66 Mhz.
Proses
produksi
280 nm
16 KB (8 KB cache instruksi, 8 KB cache data)
256-1.024 KB, dalam tubuh, kecepatan penuh
Jenis cache L2
Asosiatif dua lajur
Tulis ulang
Register
internal
32-bit
Tegangan
3,3 Volt
Dudukan
prosesor
PGA (Pin-Grid Array) Dual-cavity 387 pin
Sambungan ke
papan induk
Manajemen
daya
SMM (System Management Mode)
Dukungan
multiprosesor
Ya, MPS 1.1
Pada Pentium Pro terdapat dua inti prosesor, yang pertama adalah chip Pentium Pro itu sendiri dan yang lainnya adalah cache L2 SRAM berukuran 256 KB, 512 KB, atau 1.024 KB. Inti prosesor Pentium Pro memiliki 5.500.000 transistor dan SRAM 256 KB pada cache L2-nya memiliki 15.500.000 transistor. Berarti, Pentium Pro yang memiliki cache L2 sebesar 1.024 KB memiliki kira-kira 67.500.000 transistor.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/3/3c/Pentium_Pro.jpg/180px-Pentium_Pro.jpg
http://bits.wikimedia.org/skins-1.17/common/images/magnify-clip.png
Ukuran prosesor Pentium Pro dibandingkan dengan sebuah pena.
Inti prosesor utama memiliki cache L1 sebesar 16 KB yang dibagi menjadi dua, 8 KB untuk instruksi berjenis asosiatif dua lajur dan 8 KB untuk cache data yang berjenis asosiatif empat lajur.Cache L2 merupakan salah satu keunggulannya. Dengan mengintegrasikan cache L2 pada tubuh prosesor dan memisahkannya dari papan induk, Pentium Pro memiliki kecepatan cache L2 yang setara dengan kecepatan prosesor (full core speed) ketimbang menjalankannya pada FSB 66 MHz yang justru akan memperlambat performanya, bahkan kinerjanya tidak akan jauh berbeda dengan prosesor generasi kelima Intel, yaitu Pentium. Dengan mengintegrasikan cache L2 pada prosesor, maka papan induk pun menjadi semakin murah karena tidak ada lagi SRAM yang harus dibeli secara terpisah. Konsekuensinya, harga prosesor semakin melambung. Beberapa produsen papan induk mungkin masih mengintegrasikan SRAM pada papan induk yang mereka buat, tetapi hal ini akan menjadikannya turun tingkat menjadi L3. Sudah menjadi rahasia umum apabila cache L3 yang berjalan pada kecepatan FSB yang kurang akan memberikan peningkatan kinerja pada Pentium Pro, dibandingkan dengan Pentium.
Salah satu fitur cache L2 dalam tubuh prosesor adalah peningkatan kinerja yang sangat signifikan. Ketimbang mendukung SMP seperti pada Pentium, maka Pentium Pro memiliki dukungan MPS (Multi-Processor Specification) versi 1.1. Pentium Pro dan MPS dapat menjalankan empat prosesor bersamaan. Tidak seperti konfigurasi multiprosesor lainnya, Pentium Pro dapat menghindari ketidaksamaan kecepatan cache karena setiap chip memiliki cachenya sendiri, didukung cache L1 dan L2 yang sudah termasuk dalam tubuh prosesor. Pengujian yang melibatkan lebih dari 200 prosesor Pentium Pro yang dipasang bersamaan menggunakan sistem operasiUNIX, sebuah laboratorium dapat menembus 1 triliun Floating Point Operation per detik (TFLOPS) sehingga memecahkan rekor "Superkomputer Tercepat" dari Guinness World Book of Record.
Papan induk berbasis prosesor Pentium Pro memiliki bus PCI yang sangat eksklusif serta bus ISA. Intel sendirilah yang membuat chipset untuk Pentium Pro (seri Intel 450).Intel mendesain rancang bangun ATX untuk memberikan dukungan yang lebih baik pada Pentium Pro dan prosesor masa depan, seperti Pentium II, Pentium III, dan Pentium 4 maupun AMDSempron, Athlon, dan Opteron. Pentium Pro juga bisa digunakan pada rancang bangun selain ATX, tergantung jenis papan induk yang digunakan. Banyak produsen sistem Pentium Pro malah tergoda untuk merangkai Pentium Pro pada rancang bangun Baby-AT dan mempertahankan desain tersebut. Masalah besar pun muncul, prosesor menjadi terlalu panas karena Pentium Pro mengonsumsi daya lebih dari 25 Watt.
Kekurangan Pentium Pro adalah sangat lemah apabila dihadapkan pada perangkat lunak berbasis 16-bit karena rancang bangunnya berbasis pada RISC (Reduced Instruction Set Computing), FPU (Floating Point Unit) yang cepat, dan cache L2 terintegrasi. Apalagi kala itu, sistem operasi yang digunakan pun masih berbasis DOS dan Windows 95. Hanya sistem operasi murni 32-bit sajalah yang bisa mendongkrak potensinya, seperti IBMOS/2, OS/2 Warp, keluarga UNIX, dan MicrosoftWindows NT. Perangkat lunak yang ada mau tidak mau harus didesain ulang agar prosesor ini dapat mengeluarkan semua potensi yang dimilikinya.
Prosesor ini tidak pernah sukses di kalangan pemilik komputerdesktop. Prosesor ini sangat sukses dijadikan sebagai otak sebuah server dalam suatu jaringan. Prosesor ini adalah leluhur dari prosesorIntelPentium II dan Xeon.Berarti, prosesor ini memang ditujukan untuk kalangan workstation maupun server yang menangani banyak perintah tiap detiknya.Kelemahan lain prosesor ini adalah 5 kali lebih mahal daripada Pentium MMX yang dirilis pada tahun 1997



PENTIUM  II
         Prosesor Intel Pentium IIialah prosesor penerus Pentium Pro, yang dilengkapi dengan teknologi MMX yang diluncurkan pertama kali pada Mei 1997. Sebelum diberi nama Pentium II, prosesor ini dikenal dengan codename Klamath.

Pentium II sebenarnya sama seperti Pentium Pro, dan prosesor generasi keenam dari keluarga P6 lainnya. Akan tetapi, desainnya yang agak radikal membuatnya menjadi pembeda. Dengan menggunakan teknologi 350 nanometer (0.35 mikron) dan 250 nanometer (0.25 mikron) dan dilengkapi dengan instruksi MMX, prosesor ini menjadi prosesor untuk mainstream setelah Pentium MMX, setelah Pentium Pro mengalami kegagalan pada kelas desktop dan laku hanya pada server.
Desain dudukan prosesornya dinamakan SECC (Single Edge Contact Cartridge), atau Slot-1.Cache Level-1 sebesar 32 KB terintegrasi pada die, akan tetapi cache Level-2 dimasukkan ke dalam cartridge, sehingga menyebabkan kecepatan L2 tidaklah seperti kecepatan prosesor, melainkan setengahnya. Kontak dengan motherboard pun beda. Dengan fisik seperti card adapter, Pentium II ini dibentuk, berbeda dengan kebanyakan CPU yang beredar waktu itu yang masih menggunakan ZIFsocket-7. Inti prosesor Pentium II Klamath yang berjalan pada kecepatan 233 Mhz hingga 333 MHz dibuat dengan teknologi 0.35 mikron (350 nanometer). Akan tetapi inti prosesor Pentium II Deschutes, yang berlari pada kecepatan 333 Mhz hingga 450 Mhz menggunakan teknologi proses 0.25 mikron. Semua inti Pentium II didasarkan pada teknologi yang sama seperti Pentium Pro, dengan semua keungggulannya (kecuali L2 cache), dan terintegrasikannya instruksi MMX yang telah diperbaiki. Dengan semua keunggulan itu, chip pun menjadi semakin kecil, sehingga frekuensi semakin tinggi dan daya yang dibutuhkan pun menjadi lebih rendah, dan yang paling penting harganya yang lebih murah dibandingkan dengan Pentium Pro.
Intel hanya merilis Pentium II untuk pasar desktop saja, mengingat mereka juga membuat prosesor yang dibangun dengan teknologi yang sama dengan Pentium II yang dikhususkan untuk workstation dan server dengan nama Pentium II Xeon. Karenanya, pada Pentium II, tidak terdapat fitur multiprosesor, seperti halnya Pentium Pro.Lagipula, aplikasi yang benar-benar mengutilisasi banyak prosesor pada saat itu sangatlah sedikit pada segmen desktop, dan hanya tersedia pada beberapa aplikasi segmen server.
Prosesor ini adalah prosesor 32-bit. Meski ia memiliki address-bus sebesar 36-bit yang mampu mengalamati hingga 64 Gigabyte, limitasi pada arsitektur 32-bit menyebabkan prosesor ini hanya mampu mengalamati hingga 4 Gigabyte saja. Pengecualian terjadi pada sistem multiprosesor, yang dikonfigurasikan dalam mode NUMA (Non-Uniform Memory Access) di mana setiap prosesor memiliki jalur memorinya sendiri-sendiri.Dengan menggabungkan beberapa prosesor Pentium II (Xeon tentunya), batas 4 Gigabyte arsitektur 32-bit pun dapat dilewati.



PENTIUM III
        Pentium III adalah mikroprosesor generasi keenam buatan Intel yang diluncurkan secara resmi pada tanggal 26 Februari1999 sebagai penerus prosesor Intel Pentium II. Prosesor berarsitektur 32-bit ini menggunakan mikroarsitektur Intel x86 yang diperluas dengan instruksi RISC seperti Pentium Pro.Adapun sebenarnya prosesor x86 adalah prosesor berinstruksi CISC.
Pada masanya, prosesor ini sempat menempatkan diri sebagai prosesor tercepat sebelum AMD meluncurkan Athlon. Jangkauan kecepatan prosesor ini mulai 40 MHz (empat kali 100 MHz) hingga 1,4 GHz (10,5 kali 133 MHz). Prosesor Pentium III dengan kecepatan 1.400 MHz diluncurkan hampir bersamaan dengan peluncuran prosesor Pentium 4 generasi pertama yang menimbulkan ketimpangan pasar sehingga sempat kalah pamor.





PENTIUM IV


Pentium 4 adalah mikroprosesor generasi ketujuh yang dibuat oleh Intel dan dirilis secara resmi pada tanggal 20 November2000, meneruskan prosesor Pentium III. Nama perkenalan generasi awalnya adalah Willamette, kemudian dikembangkan kembali dengan nama perkenalan Northwood, Prescott, dan Cedar-Mill.
PENTIUM 4 adalah garis tunggal-inti desktop dan laptop unit pengolahan pusat (CPU), diperkenalkan oleh Intel pada tanggal 20 November 2000 [1] dan dikirim melalui 8 Agustus 2008. [2] Mereka memiliki mikroarsitektur 7 generasi x86, disebut NetBurst, yang pertama perusahaan semua-desain baru sejak diperkenalkannya dari mikroarsitektur P6 dari CPU Pentium Pro pada tahun 1995. NetBurst berbeda dari P6 (Pentium III, II, dll) dengan menampilkan pipa instruksi yang sangat mendalam untuk mencapai kecepatan clock yang sangat tinggi [3] (sampai 3,8 GHz) hanya dibatasi oleh TDP mencapai sampai 115 W pada 3,4 GHz -3,8 GHz Prescott dan Prescott 2M core [4] Pada tahun 2004, instruksi 32-bit x86 awal set 4 mikroprosesor Pentium diperpanjang oleh set 64-bit x86-64.. Perbedaan kinerja antara Pentium III pada 1,13 GHz dan Pentium 4 di 1,3 GHz akan menjadi hampir tidak terlihat. Jadi Pentium 4 frekuensi clock perlu sekitar 1,15 lebih tinggi dari Pentium 3 untuk mencapai kinerja yang sama. [5]

Pentium 4 core pertama, dengan nama kode Willamette, yang clock dari 1,3 GHz sampai 2 GHz. Mereka dibebaskan pada 20 November 2000, menggunakan Socket 423 sistem.
Terkenal dengan diperkenalkannya Pentium 4 adalah 400 MT / s FSB. Ini sebenarnya beroperasi pada 100 MHz tapi FSB quad-dipompa, yang berarti bahwa kecepatan transfer maksimum adalah empat kali jam dasar dari bus, sehingga dipasarkan untuk berjalan pada 400 MHz. Ganda dipompa Athlon AMD FSB 200 berjalan pada MT / s atau 266 MT / s pada waktu itu.


Pentium 4 CPU memperkenalkan SSE2 dan, di Prescott Pentium 4s berbasis, instruksi SSE3 set untuk mempercepat perhitungan, transaksi, media pengolahan, grafis 3D, dan permainan. Versi fitur Hyper-Threading Technology (HTT), sebuah fitur untuk membuat satu CPU fisik bekerja sebagai dua CPU logis.Intel juga memasarkan versi low-end mereka Celeron prosesor berdasarkan mikroarsitektur NetBurst (sering disebut sebagai Celeron 4), dan turunan high-end, Xeon, yang ditujukan untuk server dan workstation multiprosesor.Pada tahun 2005, Pentium 4 adalah dilengkapi dengan Pentium D dan Pentium Extreme Edition dual-core CPU.
Intel Pentium 4
Willamette
Northwood
Prescott
Cedar-Mill
Luas
penampang
Willamette: 217 mm2
Northwood: 131 mm2
Prescott: 112 mm2
Proses
produksi
Willamette: 180 nm
Northwood: 130
nm
Prescott: 90
nm
Cedar-Mill: 65
nm
Jangkauan
kecepatan
1,3 GHz hingga 3,8 GHz
Willamette: 42.000.000
Northwood: 55.000.000
Prescott: 125.000.000
Instruksi
tambahan
x86, MMX, SSE, SSE2, SSE3 (Prescott dan Cedar-Mill), EM64T (Prescott dan Cedar-Mill), Intel xD (Execute Disable Bit untuk melindungi diri dari ancaman buffer overflow), IntelHyper-Threading (beberapa prosesor Northwood, Prescott, dan Cedar-Mill), dan teknologi virtualisasi Intel (Vanderpool)
Bus sisi
depan (FSB)
400 MHz, 533 MHz, 800 MHz, atau 1.066 MHz (bersifat empat kali lipat atau quad)
Pipeline
Willamette dan Northwood: 20
Prescott dan Cedar Mill: 31
Cache data: 8 KB (Wilamette, Northwood); 16 KB (Prescott, Cedar-Mill)
Cache instruksi: 12 KB
256 KB, 512 KB, atau 1.024 KB, dalam tubuh, kecepatan penuh (setara dengan kecepatan prosesor) dengan lebar lajur 256-bit
Jenis cache L2
Asosiatif delapan lajur, mendukung ECC
4 GB
Dudukan
prosesor
FC-PGA 423 (Flip-Chip Pin-Grid Array)
FC-PGA Mikro 478 (Micro Flip-Chip Pin-Grid Array)
LGA 775 (Land Grid Array)
Dukungan
multiprosesor
Tidak (hanya didukung oleh Intel Xeon)
Memori yang
didukung
SDRAM: PC-133
DDR-SDRAM: PC-2100, PC-2700, PC-3200 (satu atau dua kanal)
DDR 2-
SDRAM: PC-4200, PC-5300, PC-6400, PC-8000
RDRAM: PC-600, PC-700, PC-800, PC-1066.
PENTIUM IV HT ( Hyper-Threading).
Pentium 4 Hyper-threading berbeda dengan pentium 4 versi sebelumnya. Kinerja prosesor ini lebih cepat terutama pada kondisi beban kerja yang berat. Boleh dikatakan memiliki performa yang jauh lebih bagus.
Sebutan resmi untuk teknologi Hyper-threading adalah Hyper-Threading Technology yang disingkat dengan sebutan HTT. Teknologi karya Intel ini merupakan pengembangan dari teknologi Super-threading yang sebelumnya pernah diterapkan di prosesor Xeon. Hyper-threading adalah bentuk teknologi yang lebih maju, yang menggunakan teknologi simultaneous multithreading (SMT), yang kemudian diterapkan pada beberapa varian prosesor Pentium 4. Teknologi Hyper-threading ini tidak diterapkan di generasi prosesor Pentium M berbasis core, Merom, Conroe dan Woodcrest.
Perlu pula diketahui, penggunaan teknologi hyper-treading ini ternyata tidak efisien dalam penggunaan energi. Masalah inilah yang menjadi pertimbangan mengapa teknologi hyper-threading ini tidak diterapkan pada prosesor-prosesor baru berbasis core. Teknologi Hyper-threading sendiri dapat digambarkan sebagai berikut:
Sebuah prosesor yang dilengkapi teknologi hyper-threading oleh software ‘Operating system’ dianggap terdiri dari 2 prosesor (2 ‘logical’ processor). Dengan demikian ‘operating system’ dapat bekerja secara simultan di kedua prosesor (‘logical’ prosesor) tersebut. Hal ini mengakibatkan prosesor dapat memproses beberapa pekerjaan (berkas/tugas) sekaligus, sehingga pemrosesan berjalan lebih cepat dan memperpendek waktu kerja.
Boleh juga dikatakan, dengan adanya teknologi Hyper-threading ini memungkinkan sebuah prosesor bekerja seperti ‘dual prosesor’, atau prosesor tunggal dibaca seolah-olah menjadi ganda. Hal ini terjadi karena teknologi ini bekerja dengan cara menggandakan (menduplikasi) bagian/seksi tertentu dari prosesor (menyimpan catatan arsitektur prosesor).
Teknologi hyper-threading mampu meningkatkan performa prosesor hingga 40 %, bahkan ada yang menjelaskan dapat meningkatkan kemampuan proses kerja hingga dua kali lipat. Pihak Intel sendiri menyatakan bahwa kecepatan Pentium 4 Hyper-threading mampu meningkat 30% dibandingkan Pentium 4 non Hyper-threading. Pada beban kerja yang berat, teknologi hyper-threading mampu meningkatkan performa prosesor Pentium 4, yaitu menghasilkan kinerja yang lebih baik/cepat dibandingkan prosesor Pentium 4 tanpa teknologi hyper-threading. Akan tetapi, perbaikan performa ini juga sangat bergantung program aplikasi yang digunakan. Beberapa program justru menurun performanya ketika teknologi Hyper-threading ini diaktifkan. Kadangkala penurunan performa ini bersifat unik di Pentium 4 (bervariasi bergantung nuansa arsitektur prosesornya). Penurunan tersebut sebenarnya bukan sifat/karakteristik simultaneous multithreading.
Perlu diketahui bahwa fungsi hyper-threading ini bisa bekerja optimal bila didukung oleh sistem operasi yang sesuai, misalnya Windows XP. Terdapat empat golongan/versi Pentium 4 HT, masing-masing diberi nama sandi Northwood, Prescott, Prescott 2 M, dan Cedar Mill.
Prosesor Pentium 4 HT dengan nama sandi Northwood
Berbeda dengan Pentium 4 versi awal yang juga bernama sandi Northwood. Perbedaannya terletak pada tambahan teknologi hyper-threading (HT). Pada versi terdahulu, hanya prosesor yang clock speed-nya 3066 MHz yang dilengkapi teknologi HT, sedangkan pada versi ini seluruhnya mendapat dukungan teknologi HT, dan FSB-nya 800 MHz kecuali yang prosesor yang clock speednya 3066 MHz yang masih ber FSB 533 MHz.
Prosesor Northwood versi ini dibangun dengan teknologi proses 130 nm, menggunakan soket 478 dan L2 cache 512 KB (ketiga fitur ini sama dengan versi sebelumnya), namun performa atau kinerjanya jauh lebih bagus dari Northwood versi sebelumnya. Clock speed prosesor berkisar pada 2400 MHz hingga 3400 MHz. Beberapa model/varian Pentium 4 HT dengan nama sandi Northwood yang diproduksi oleh Intel disajikan pada Tabel

Daftar prosesor Pentium 4 HT dengan nama sandi Northwood.
Seluruhnya dibangun dengan teknologi proses 130 nm, L2 cache 512 KB, soket 478.
Tabel HT PResscott

 

Pentium 4 HT dengan nama sandi Prescott
Prosesor Prescott versi HT berbeda dengan Prescott non HT. Perbedaan yang mecolok terletak pada fitur hyper-threadingnya. Perbedaan yang lain terletak pada FSB dan clock speednya. Prosesor Prescott versi HT, sebagian modelnya masih ber-FSB 533 MHz, sebagian yang lain sudah ditingkatkan menjadi 800 MHz. Clock speed terendah dari prosesor yang telah diproduksi adalah 2800 MHz dan yang tertinggi 3800 MHz. Fitur yang lain, hampir tak berbeda dengan versi pendahulunya.
Daftar prosesor Pentium 4 HT dengan nama sandi Prescott.
Seluruhnya dibangun dengan teknologi proses 90 nm, L2 cache 1024 KB, mendukung teknologi SSE3.
Fitur Intel 64 ( implementasi Intel’s x86-64) terdapat pada prosesor seri F, 5×1, 517, 524. Sedangkan fitur XD bit ( implementasi NX bit terdapat pada prosesor 5x0J, 5×1, 517, 524
p4ht.png
Tabel P4 HT PResscott
Tabel P4 HT Presscott2

Pentium 4 HT dengan nama sandi Prescott 2 M

Tampaknya prosesor Prescott 2M HT merupakan perkembangan dari prosesor Prescott sebelumnya. Pada seri ini semua tipe prosesornya diberi dukungan teknologi hyper threading, Intel 64 dan XD bit. Dimana pada prosesor Prescott versi sebelumnya dukungan kedua teknologi yang terakhir (Intel 64 dan XD bit) hanya diberikan pada seri-seri prosesor tertentu. Perkembangan lainnya terlihat pada fitur L2 cache yang meningkat menjadi 2048 KB, FSB seluruhnya menjadi 800 MHz, tidak ada yang ber- FSB 533, menggunakan soket LGA (tidak ada yang menggunakan soket 478). Bahkan pada sebagian seri prosesor Prescott 2M ini ditambahkan dukungan teknologi Eist Enhanced Intel SpeedStep Technology (EIST)danVT (Virtualization Technology). Peningkatan-peningkatan fitur tadi jelas membuat performan dan kinerja Prescott 2M menjadi lebih baik. Informasi lebih lengkap setiap seri prosesornya disajikan pada Tabel

Daftar prosesor Pentium 4 HT dengan sandi Prescott 2 M
Seluruhnya dibangun dengan teknologi proses 90 nm, L2 cache 2048 KB, FSB 800 MHZ.
mendukung teknologi SSE3, Intel 64 (implementasi Intel’s x86-64), XD bit (Implementasi NX bit)
Fitur Virtualization Technology terdapat pada prosesor seri 6×2. Sedangkan Enhanced Intel SpeedStep Technology (EIST) terdapat pada semua seri prosesor kecuali pada 620
Tabel 2M
Pentium 4 Socket 775
LGA 775, juga dikenal sebagai Socket T, adalah Intel socket CPU desktop yang. LGA singkatan untuk array tanah grid. Tidak seperti soket CPU sebelumnya umum, seperti pendahulunya Socket 478, yang 775 LGA tidak memiliki lubang soket, melainkan, ia memiliki 775 pin yang menonjol menyentuh titik kontak pada bagian bawah prosesor
(CPU).
Spesifikasi teknis

Para Prescott dan Cedar Mill Pentium 4 core, serta Smithfield dan Pentium D Presler core, menggunakan socket LGA 775. Pada Juli 2006, Intel merilis versi desktop Core 2 Duo (nama sandi Conroe), yang juga menggunakan socket ini, seperti halnya Quad Core 2 berikutnya. Intel Socket 478 berubah dari 775 ke LGA karena tipe pin baru menawarkan distribusi daya yang lebih baik untuk prosesor, memungkinkan bagian depan bus dinaikkan sampai 1600 MT / s. 'T' di Socket T berasal dari inti Tejas sekarang dibatalkan, yang menggantikan inti Prescott. Keuntungan lain untuk Intel dengan arsitektur baru adalah bahwa sekarang motherboard yang memiliki pin, daripada CPU, mentransfer risiko pin yang bengkok dari CPU ke motherboard.

CPU ditekan ke tempatnya oleh sebuah "piring beban", bukan jari manusia secara langsung. Teknisi menginstal mengangkat berengsel "piring las", sisipan prosesor, menutup pelat beban dari atas prosesor, dan menekan tuas pengunci. Tekanan tuas pengunci pada beban pelat klem 775 kontak tembaga prosesor poin kuat turun ke 775 motherboard pin, memastikan koneksi yang baik. Pelat beban hanya mencakup tepi permukaan atas dari CPU (prosesor heatspreader). Pusat ini bebas untuk melakukan kontak dengan perangkat pendingin ditempatkan di atas CPU.

Pemeriksaan lembar data yang relevan Intel LGA 775 menunjukkan bahwa yang digunakan untuk desktop tingkat konsumen dan LGA 771 yang digunakan untuk (Xeon based) workstation dan komputer server kelas tampak berbeda hanya di penempatan takik pengindeksan dan swap dua alamat pin. Banyak pin dikhususkan untuk fungsi seperti interfacing beberapa CPU tidak secara jelas didefinisikan dalam spesifikasi LGA 775, tetapi dari informasi yang tersedia tampaknya konsisten dengan LGA 771. Menimbang bahwa LGA 775 LGA 771 mendahului oleh hampir satu tahun setengah, akan terlihat bahwa LGA 771 diadaptasi dari LGA 775, bukan sebaliknya.
Perbaikan dalam pembuangan panas

Gaya dari pelat beban memastikan bahwa prosesor benar-benar tingkat, memberikan permukaan atas CPU kontak optimal dengan heat sink atau air dingin blok tetap ke atas CPU untuk membawa pergi panas yang dihasilkan oleh CPU. Socket ini juga memperkenalkan metode baru untuk menghubungkan interface disipasi panas ke permukaan chip dan motherboard. Dengan LGA 775, antarmuka disipasi panas terhubung langsung ke motherboard pada empat poin, dibandingkan dengan dua koneksi Socket 370 dan "clamshell" empat-titik koneksi dari Socket 478. Hal ini dilakukan untuk menghindari bahaya terkenal panas sink / penggemar pre-built komputer jatuh dalam perjalanan. LGA 775 diumumkan memiliki sifat disipasi panas yang lebih baik daripada Socket 478 itu dirancang untuk menggantikan, tapi Prescott core CPU (dalam inkarnasi awal mereka) berlari jauh lebih panas dari CPU Northwood-core Pentium 4 sebelumnya, dan ini awalnya dinetralkan manfaat transfer panas yang lebih baik. Namun, yang modern prosesor Core 2 dijalankan pada suhu yang lebih rendah dari CPU Prescott mereka mengganti.
[Sunting] LGA 775 batas beban mekanik
LGA 775 titik kontak di bawah Pentium 4 Prescott CPU

Semua prosesor LGA 775 memiliki batas beban maksimum berikut mekanik yang tidak boleh dilampaui pada unit pendingin, kondisi pengiriman, atau menggunakan standar. Beban di atas batas-batas akan retak prosesor mati dan membuatnya tidak dapat digunakan.
Statis Dinamis Lokasi
Permukaan IHS 756 N (170 lbf) (77 kp) 311 N (70 lbf) (31 kp)

Transisi ke kemasan LGA telah menurunkan batas beban mereka, yang lebih kecil dari batas beban Socket 478 prosesor tetapi mereka lebih besar dari Socket 370, Socket 423 dan Socket A prosesor, yang rapuh. Mereka cukup besar untuk memastikan bahwa prosesor tidak akan retak.

Soket telah digantikan oleh 1156 LGA (Socket H) dan LGA 1366 (Socket B) socket.


Dudukan
prosesor
FC-PGA 423 (Flip-Chip Pin-Grid Array)
FC-PGA Mikro 478 (Micro Flip-Chip Pin-Grid Array)
LGA 775 (Land Grid Array)
Dukungan
multiprosesor
Tidak (hanyadidukungolehIntel Xeon)
Memori yang
didukung
SDRAM: PC-133
DDR-SDRAM: PC-2100, PC-2700, PC-3200 (satuatauduakanal)
DDR 2-
SDRAM: PC-4200, PC-5300, PC-6400, PC-8000
RDRAM: PC-600, PC-700, PC-800, PC-1066.


DUAL CORE.

Dual Core adalah penggunaan dua buah inti (core) prosesor dalam sebuah kemasan prosesor konvensional.Dual core (inti prosesor) ditempatkan pada sebuah CPU untuk meningkatkan kinerjanya. Setiap core ini tidak lebih cepat dibanding CPU biasa dengan clockspeed yang sama, tetapi semua proses perhitungan dibagi kepada 2 inti prosesor tersebut.

Logikanya, menggunakan prosesor multi-core akan mempercepat perhitungan algoritma yang dikerjakan sebuah sistem PC. Diibaratkan, berpikir sebuah pekerjaan dengan menggunakan dua otak, tentunya pekerjaan itu akan lebih cepat selesai. Produsen prosesor terkemuka di dunia (Intel dan AMD), mengembangkan teknologi dual core ini karena tuntutan aplikasi-aplikasi yang semakin tinggi atas prosesor yang memiliki tingkat komputasi yang tinggi.Karena pengembangan prosesor dengan menggunakan satu inti sudah mulai stagnan, maka mulai dikembangkan prosesor yang memiliki inti prosesor lebih dari satu.




CORE 2 SOLO
Core 2 Solo, diperkenalkan pada bulan September 2007, adalah penerus Core Solo dan tersedia hanya sebagai prosesor mobile ultra-low power dengan daya 5,5 Watt desain termal. Seri U2xxx asli "​​Merom-L" menggunakan versi khusus dari chip Merom dengan nomor CPUID 10661 (model 22, melangkah A1) yang hanya memiliki single core dan juga digunakan dalam beberapa prosesor Celeron. Para SU3xxx kemudian merupakan bagian dari berbagai CULV prosesor Intel dalam paket 956 lebih kecil μFC-BGA tetapi berisi chip Penryn yang sama dengan varian dual-core, dengan salah satu core cacat selama manufaktur.




CORE 2 DUO
Intel Core 2 Duo adalah sebuah mikroprosesor yang dirilis oleh Intel Corporation pada tanggal 27 Juli2006. Pada saat pengembangannya, prosesor ini memiliki nama kodeConroe dan Allendale.
Nama Prosesor
Intel Core 2 Duo
Conroe, Allendale, Wolfdale, Merom, Penryn, (dua inti) Kentsfield, Yorkfield, (empat inti)
Dirilis
27 Juli 2006
Segmen Pasar
Desktop, Laptop
Mikroarsitektur
Intel Core Microarchitecture
x86, MMX, SSE, SSE2, SSE3, SSE4 (SSE4 hanya untuk prosesor berdasarkan core penryn) VT, EM64T, HT (hanya seri Intel Core 2 Extreme)
Front Side bus
1066 MHz, 1333 MHz (seri conroe terbaru)
Jumlah inti prosesor
2 core, atau 4 core
Interkoneksi ke motherboard
Land Grid Array (LGA), 775-pin
Jumlah Transistor
Conroe:291 juta
Allendale:
Teknologi manufaktur
65 nanometer (Conroe, Allandle, Merom, kentsfield) & 45 nanometer (Wolfdale, Yorkfield, Penryn)
Cache Level-1

Cache Level-2
Yorkfield : 12 Megabyte
Kentsfield : 8 Megabyte
Wolfdale : 6 Megabyte
Conroe:4 Megabyte
Allendale: 2 Megabyte
Cache Level-3
Tidak ada
Chipset pendukung
Intel 975X, Intel 965, Intel 945 (beberapa versi), nVidia nForce 680i
Kinerja prosesor ini menang telak cukup jauh jika dibandingkan dengan prosesor Intel Pentium D seri Presler apalagi Pentium D seri Smithfield yang masih menggunakan mikroarsitektur Intel NetBurst.Jika dibandingkan dengan seterunya, AMD Athlon FX 60, sebuah prosesor Intel Core 2 Duo berkecepatan 2400 MHz mengungguli prosesor tersebut dengan perbedaan kinerja kira-kira 15%. Jika prosesor AMD Athlon FX tersebut di-overclock menjadi 3.4 GHz, prosesor tersebut unggul tipis dibandingkan Core 2 Duo 2400 MHz. Ini berarti prosesor Intel Core 2 Duo jauh lebih efisien dibandingkan dengan pendahulunya dalam
rangka mengeksekusi instruksi.

Core 2 Quad
Intel ® Core ™ 2 Quad processor untuk PC desktop dirancang untuk menangani beban kerja menghitung besar dan visualisasi yang kuat diaktifkan oleh teknologi multi-core. Memberikan bandwidth yang Anda butuhkan untuk aplikasi multi-threaded, prosesor Intel Core 2 Quad yang dibangun pada Intel 45nm ® Core ™ mikroarsitektur memungkinkan, lebih cepat, lebih dingin, dan lebih tenang PC desktop dan workstation pengalaman.


Dengan empat processing core, sampai dengan 12MB cache L2 yang berbagi ¹, dan 1333 MHz Front Side Bus Intel Core 2 Quad prosesor desktop memberikan kinerja luar biasa dan efisiensi daya diaktifkan oleh sirkuit hafnium berbasis mikroarsitektur Intel Core 45nm.
Simak
Baca secara fonetik
Beri peringkat terjemahan
 streamingmultimediaHDdi kantor ataupada kekuatan, pergi aplikasi yang palingmenuntutdengan PCberbasis prosesorIntel Core2Quad. Plus, denganprosesor iniAndamendapatkan besarIntel®teknologidibangun pada²:

Intel®Wide DynamicExecution, memungkinkanpengirimaninstruksilebih persiklus clockuntuk meningkatkanwaktu eksekusidan efisiensi energi

Intel®Intelligent PowerCapability, dirancang untuk memberikan kinerjaenergi yang lebih efisien

Intel®Smart Memory Access, meningkatkan kinerja sistemdengan mengoptimalkanpenggunaan bandwidthdata yang tersedia

Intel®CacheLanjutanSmart,dioptimalkanuntuk multi-core, memberikanberkinerja tinggi,subsistem cachelebih efisien

Intel®Advanced DigitalMediaBoost,mempercepatberbagaimultimedia, enkripsi, aplikasi ilmiahdan finansialsecara signifikanmeningkatkan kinerjaketika menjalankanIntel®StreamingSIMDExtension (SSE/SSE2/SSE3) instruksi.

Core 2 Extreme
Apakah itu game, fotografi digital, atau video editing, desktop PC didukung oleh Intel ® Core ™ 2 tuntutan menangani prosesor hiburan ekstrim hari ini.
Kinerja multi-core
Berdasarkan teknologi manufaktur 45nm, dengan empat processing core dan hafnium-infused circuitry, Intel Core 2 Extreme memberikan kinerja yang lebih tanpa menggunakan lebih banyak energi. Intel Core 2 Extreme QX9770 prosesor adalah pilihan terbaik untuk generasi terbaru multi-threaded game dan aplikasi multimedia.
     * 3.2GHz kecepatan inti
     * 12 MB ​​L2 cache keseluruhan
     * 1600 MHz front side bus



Dirancang untuk performa ekstrim, dual-core dan quad-core Intel Core 2 Extreme kinerja fitur-kaya teknologi:

  Intel ® Wide Dynamic Execution, memungkinkan pengiriman instruksi lebih per siklus clock untuk meningkatkan permainan waktu eksekusi dan efisiensi energi

  Intel ® Teknologi Deep Power Down, yang dirancang untuk memberikan ekstrim kinerja energi yang efisien

  Intel ® Smart Memory Access, meningkatkan kinerja sistem dengan mengoptimalkan penggunaan semua bandwidth data yang tersedia

  Intel ® Smart Cache Lanjutan, memberikan berkinerja tinggi, subsistem cache lebih efisien, dan dioptimalkan untuk industri terkemuka multi-threaded games

  Intel ® Advanced Digital Media Boost, mempercepat berbagai aplikasi, termasuk ultra-realistis fisika game dan manusia-seperti kecerdasan buatan untuk pengalaman gaming yang intens seperti yang lain. Sekarang ditingkatkan lebih jauh pada versi 45nm dengan Intel ® HD Meningkatkan memanfaatkan instruksi SSE4 baru untuk kinerja multimedia yang lebih baik
.

Core I3
      Core i3ini dimaksudkan untuk menjadilow endbaru darigariskinerja prosesordari Intel, setelahpensiundari merekCore 2[1] [2].
ProsesorCore pertamai3diluncurkanpada tanggal 7 Januari2010.[3]
I3NehalemCore pertamaberbasisadalahClarkdaleberbasis, denganGPU terintegrasidan duacore. [4] Prosesoryang samajuga tersediasebagai Corei5 danPentium, dengan konfigurasisedikit berbeda.
Corei3-3xxM prosesordidasarkan padaArrandale, versimobile dariprosesor desktopClarkdale. Merekamirip dengan serii5-4xx Intitetapi berjalanpada kecepatanclock yang lebih rendahdan tanpaTurbo Boost.










Core I5
Core i5adalah namamerek yang digunakanoleh Inteluntuk mikroprosesorbeberapa, yang pertamadiperkenalkanpada akhir tahun 2009. Hal ini diposisikanantaraCore i3mainstream danCore 2 danCore i7high-end danmerekXeon.
Pada tanggal 8 September2009,Intel merilisprosesorCore pertamai5: Corei5 750, [2] yang merupakan2,66 GHzquad-coreprosesor denganLynnfieldHyper-threadingdinonaktifkan. LynnfieldCorei5memiliki8MB ​​L3 cache, busDMIberjalan pada2,5GT/s dandukungan untukdual-channelmemoriDDR3-800/1066/1333. Prosesor yang samadengan setyang berbeda darifitur(frekuensi clock Hyper-Threading dan lainnya) yang aktif dijual sebagaiCore i7-8xx dan Xeon3400-prosesor seri, yang tidakharus bingungdengan high-endCore i7-9xx dan Xeon3500-series prosesorberdasarkanBloomfield.

Corei5-5xx prosesor mobileyang bernamaArrandaledan berdasarkanpada32nmWestmeremengecilkandari mikroarsitekturNehalem. ProsesorArrandaletelah terintegrasikemampuan grafistetapi hanyadua coreprosesor. Mereka dibebaskanpada Januari 2010, bersama denganprosesori7-6xx dan Corei3-3xx Intiberdasarkanpada chip yang sama. CacheL3 diCore i5-5xx prosesorberkurangmenjadi 3MB, sedangkanCore i5-6xx akan menggunakancachepenuh danCorei3-3xx tidak akan memilikidukungan untukTurbo Boost[3]. Clarkdale, versidesktopArrandale,dijualsebagai Corei5-6xx, bersama dengancore i3terkaitdan merekPentium.


Ini memilikiHyper-Threading diaktifkan dan4 purnaMBL3 cache. [4]
Pada tanggal 9 Januari2011,Intel merilisprosesorCore baruquad corei5berdasarkanmikroarsitektur"Sandy Bridge" di CES2011.Baruprosesor dual-coremobile danprosesor desktoptibapada bulan Februari 2011. CPUdesktop sekarangsemua memilikiempatcoreunhyperthreaded(sepertii5-750), dengan pengecualiani5-2390T. Khususultra-rendahtegangan (2xxxT), tegangan rendah(2xxxS), dan versiterkunci(2xxxK) dari "Sandy Bridge" CPUi5juga tersedia. BusDMIberjalan pada5GT/s.

Core I7

Intel Core i7adalah merekInteluntuk keluarganamabeberapadesktop dan laptop64-bit x86-64 prosesordengan menggunakanNehalem, Westmere, dan microarchitecturesSandy Bridge. MerekCore i7ditargetkan padabisnisdan high-endpasarkonsumen untukkedua komputerdesktop dan laptop[1], dandibedakandariCore i3(entry level konsumen), Core i5(​​konsumen mainstream) dan Xeon(server dan workstation) merek.
NamaCore i7diperkenalkandenganprosesorQuad-core Bloomfieldpada akhir 2008[2] [3] [4] [5]. Pada tahun 2009modelIntii7 baruberdasarkanLynnfieldprosesor desktopquad-core danquad-coreClarksfieldponselditambahkan[6], dan modeldidasarkan padaprosesor dual-core Arrandaleponselditambahkanpada Januari 2010. Prosesorenam-corepertama dijajaranCore adalahGulftown, yang diluncurkanpada 16 Maret2010.BaikCorei7reguler danExtreme Editiondiiklankan sebagaibintang limadiProcessor IntelRating.



Pada bulan Januari2011,Intel merilisgenerasikedua dariprosesori7inti.Keduagenerasipertama dankedua dariprosesorIntel i7intidinilai sebagai5bintang diratingprosesor Intel. Generasi2prosesor Intelintididasarkanpada inti'Sandy Bridge' dandiatur untukdiperbaruipada Januari2012 dengan'Ivy Bridge'
Dalam setiapdari tigagenerasi pertamamikroarsitekturdari merek,Core i7memiliki anggotakeluarga yangmenggunakan duatingkat sistemyang berbedaarsitektur, dan karena itudua soketyang berbeda. [Kutipandiperlukan]Pada setiap generasi, prosesor Corei7kinerja tertinggimenggunakan soketyang samadanQPIberbasisarsitektur sebagailow-endprosesorXeongenerasi itu, sementaraprosesor Corei7berkinerjarendahmenggunakan soketyang samadan PCIe/DMI/FDIarsitektur sebagaiCorei5.
"Core i7" adalahpenerusmerekIntel Core2[7]. [8] [9] [10] menyatakan bahwaperwakilanIntelCore i7monikerdimaksudkan untukmembantu konsumenmemutuskanuntuk membeliprosesorsebagaibaruberbasisNehalemproduk yangdirilisdi masa depan.



CORE I9
        kini prosesor terbaru 2011 telah hadir. Jika sebelumnya Anda sudah mulai tergiur dengan teknologi Intel yang terbaru yaitu Core i7, kini rasanya Anda harus kembali tergiur oleh kehadiran processor baru keluaran Intel yaitu Core i9.

Memang masih belum rampung di pasaran melainkan saat ini masih menjalani tes uji benchmark awal untuk bisa membuktikan seberapa canggihnya produk baru ini. Dijanjikan dengan processor baru ini dari segi performa akan jauh lebih baik dan dapat mengoptimalkan apa yang belum optimal di Core i7.

Kalau dibandingkan dengan generasi sebelumnya, processor Core i7 sendiri sudah mengalami kenaikan kecepatan mencapai 50 persen. Tentu saja 6 buah 2.8GHz core yang tidak begitu pesat berguna ketika diterapkan pada tugas-tugas yang memang dilakukan masih belum optimal, tetapi dengan sebagian besar pengembangan perangkat lunak modern yang bertujuan untuk lebih maju dan bekerja lebih cepat lagi.

Sebagai awalan, Core i9 sendiri mendapatkan peningkatan dibanding Core i7 yang mana lebih memakan konsumsi daya lebih tinggi yaitu 130w sedangkan untuk Core i7 hanya menggunakan daya 95W.

Rumornya processor ini baru akan muncul pada awal tahun 2011 yaitu sekitar bulan Januari tahun depan. Hmmmm, sudah tak sabar ya menunggu, tapi di tahun baru tentu sesuatu yang baru akan terasa sangat istimewa, bukan?

Centrino


Merek Intel Centrino merupakan Wi-Fi dan WiMAX adapter. Ini adalah mantan inisiatif platform pemasaran dari Intel sampai 7 Januari 2010.

Sebelumnya, merek mencakup kombinasi tertentu dari chipset mainboard, CPU mobile dan antarmuka jaringan nirkabel dalam desain dari sebuah laptop. Intel mengklaim sistem dilengkapi dengan teknologi ini memberikan kinerja yang lebih baik, hidup lebih lama baterai dan interoperabilitas jaringan yang luas nirkabel.

Garis nama produk baru untuk produk Intel nirkabel Intel Centrino Wireless.
Industri pengamat awalnya mengkritik platform Carmel karena kurangnya solusi IEEE 802.11g-, karena banyak mandiri Wi-Fi pembuat chip Broadcom dan Atheros seperti sudah mulai pengiriman produk 802.11g. Intel menjawab bahwa IEEE belum menyelesaikan standar 802.11g pada saat peluncuran Carmel, dan bahwa mereka hanya ingin meluncurkan produk berdasarkan standar diselesaikan. Pada awal 2004, setelah finalisasi dari standar 802.11g, Intel diizinkan Intel PRO / Wireless 2200BG untuk menggantikan 2100. Pada saat yang sama, mereka baru diizinkan Dothan Pentium M untuk menggantikan Banias Pentium M. Awalnya, Intel hanya diperbolehkan chipset 855GM, yang tidak mendukung grafis eksternal. Kemudian, Intel 855GME memungkinkan chip dan 855PM, yang melakukan dukungan grafis eksternal, di laptop Centrino.


Meskipun kritik, platform Carmel memenangkan penerimaan yang cepat antara OEM dan konsumen. Karamel bisa mencapai atau melebihi kinerja yang lebih tua 4-M platform Pentium, sementara memungkinkan untuk laptop untuk beroperasi selama 4 sampai 5 jam pada baterai 48 Wh. Carmel juga memungkinkan produsen laptop untuk membuat laptop tipis dan ringan karena komponennya tidak menghilangkan banyak panas, sehingga tidak memerlukan sistem pendinginan yang besar.
Platform Santa Rosa dilengkapi dengan teknologi percepatan dinamis, yang memungkinkan aplikasi threaded tunggal untuk mengeksekusi lebih cepat. Ketika sebuah aplikasi single threaded berjalan, CPU dapat menonaktifkan salah satu core dan overclock inti aktif. Dengan cara ini CPU mempertahankan Profil Thermal sama seperti itu akan ketika kedua core aktif. Santa Rosa berkinerja baik sebagai platform game mobile karena kemampuannya untuk beralih antara tugas-tugas threaded dan multithreaded tunggal [7] penghematan daya lainnya berasal dari negara Tidur Ditingkatkan mana kedua core CPU dan chipset akan mematikan..

Update chipset nirkabel pada awalnya dimaksudkan untuk mencakup WWAN akses internet via HSDPA (3.5G), (nama kode Windigo) dikembangkan bersama dengan Nokia [8] [9]. Setelah mengumumkan sebuah kemitraan kerja, baik kemudian menarik kesepakatan mengutip kurangnya kasus yang jelas bisnis untuk teknologi. Dukungan untuk WiMAX (802.16) pada awalnya dijadwalkan untuk dimasukkan di Santa Rosa namun kemudian ditunda sampai Montevina pada 2008. [8]

Hal ini dicap sebagai "Centrino Pro" bila dikombinasikan dengan keamanan yang ditingkatkan teknologi Intel vPro dan diperkenalkan dengan "Centrino Duo" ketika mereka tidak digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar